Mau Bersihkan Kotoran Telinga, Begini Cara Aman Yang disarankan

aramedika.com – Kegiatan dalam membersihkan kotoran telinga terkadang memang merupakan sebuah kegiatan yang menimbulkan kenikmatan tiada tara serta sensai yang luar biasa hingga bikin mata kita jadi merem melek.

Karena sensai dan rasa nyaman yang ditimbulkan karena membersihkan saluran telinga, membuat beberapa orang menjadi sangat sering dalam membersihkan telinganya hingga beberapa hari sekali.

Namun ternyata, kegiatan dalam membesihkan kotoran yang ada dalam saluran telinga kita tersebut merupakan sesuatau yang tidak di sarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan. Melansir dari laman kesehatan Self, sebenarnya kotoran telinga ini berguna untuk mencegah masuknya debu, bakteri, dan obyek kecil yang masuk dan membahayakan bagian tubuh.

Kotoran yang ada dalam saluran indera pendengaran kita juga untuk melindungi bagian tubuh yang rentan di saluran telinga kita dari iritasi ketika air menyusup ke dalamnya secara tidak sengaja.

Walaupun bernama kotoran, namun ternyata hal tersebut adalah merupakan minyak alami yang di hasilkan oleh tubuh yang seharusnya tidak perlu dibersihkan kecuali sangat mengganggu dan sudah berlebihan jumlahnya.

Selain itu, kebiasaan dalam membersihkan kotoran yang ada dalam saluran telinga dengan menggunakan bantuan cotton bud atau alat bantu lain merupakan hal yang tidak dianjurkan oleh dokter. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan luka dan masalah pada telinga kita.

Penggunaan cotton bud juga malah beresiko mendorong kotoran lebih masuk kedalam saluran telinga kita, dan  dapat menyebabkan tertutupnya saluran telinga sehingga akan menggau kinerja pendengaran kita.

Klinik kesehatan yang bermarkas di USA, Mayo Clinic menjelaskan bahwa cara yang paling aman dalam membersihkan kotoran di dalam saluran telinga adalah dengan menggunakan bantuan cairan atau obat tetes telinga.

Anda bisa coba melakukan cara ini dalam membersihkan saluran telinga anda dengan memberikan beberapa tetes  obat pembersih telinga dan membiarkannya selama sehari atau dua hari.

Selanjutnya anda bisa melanjutkan untuk membersihkannya, dengan menyemprotkan air hangat ke dalam telinga, lalu miringkan kepala pada posisi air tersebut kemudian keluarkan air dengan cara memiringkan kepala ke arah yang berlawanan.

Hal ini bisa anda lakukan cukup sebulan sekali, atau hanya jika diperlukan. Mengingat betapa pentingnya fungsi minyak yang kita sebut kotoran telinga itu dalam melindung bagian dalam telinga kita dari debu dan kotoran lainnya yang mungkin secara tidak sengaja masuk kedalam saluran telinga kita.

Topic:

Just For You