Bahaya Pemerah Bibir Untuk Wanita Hamil Yang Harus Di ketahui

– Bahaya Pemerah Bibir Untuk Wanita Hamil Yang Harus Di ketahui – Meski tengah berbadan dua, banyak wanita yang ingin tetap tampil cantik dalam kesehariannya. Namun, ada beberapa hal yang harus di ketahui oleh para ibu hamil terkait penggunaan kosmetik selama masa kehamilan.

Salah satunya adalah mengenai penggunaan pemerah bibir atau lipstik. Selama masa kehamilan, sebaiknya hindari terlebih dahulu dalam menggunakan pemerah bibir. Karena meski hanya menempel pada bagian bibir, ternyata lipstik bisa bisa berbahaya bagi kesehatan ibu hamil jika ada bagian dari lipstik yang ikut tertelan.

Dalam sebuah produk lipstik, setidaknya ditemukan beberapa bahan logam berat, seperti alumunium, merkuri, mangan, kadmium, kromium, dan timbal. Berbagai jenis kadungan logam berat ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

Selain beberapa kandungan logam berat tersebut, beberapa produk lipstik juga diketahui mengandung retinol, pewangi, hingga paraben yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.

Bahaya Pemerah Bibir Untuk Wanita Hamil

Berikut adalah beberapa efek samping kandungan bahan kimia yang terdapat dalam lipstik terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya:

  • Kadmium

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan pada hewan percobaan, menunjukkan bahwa jika kandungan logam kadmium yang terdapat dalam lipstik tertelan dapat mengakibatkan penyakit ginjal, kanker paru-paru, kerusakan tulang, dan kerusakan sistem pernapasan pada ibu hamil.

Sedangkan untuk janin yang di kandungnya, kandungan kadmium dapat menyebabkan janin yang dilahirkan mengalami berat badan lahir rendah, serta memengaruhi pertumbuhan tulang dan otak, perilaku, hingga kemampuan belajarnya nanti.

Kendati demikian, belum diketahui dengan jelas apakah bahan ini menimbulkan efek yang sama pada manusia seperti yang sudah di uji coba pada hewa tersebut.

  • Merkuri

Paparan kandungan zat merkuri pada ibu hamil bisa terjadi melalui pemakaian kosmetik misalnya lipstik. Jika paparan merkuri dalam jumlah banyak dan sering, makan berpotensi menyebabkan cacat janin, gangguan saraf dan otak, serta masalah tumbuh kembang anak di kemudian hari.

  • Timbal

Terlalu banyak terpapar oleh zat timbal, beresiko terhadap meningkatnya persalinan prematur bahkan juga keguguran. Tak hanya itu, janin yang terpapar oleh zat timbal juga berisiko mengalami gangguan dalam perkembangan sistem saraf, otak, dan ginjal.

  • Kromium

Terpapar zat kromium yang terdapat dalam lipstik juga dapat menyebabkan kanker paru-paru dan kanker lambung. Selain itu, paparan kromium berlebih pada ibu hamil juga meningkatkan resiko kesehatan ibu hamil dan menyebabkan kelahiran bayi prematur.

  • Mangan

Bahaya pemereah bibir terhadap ibu hamil juga di sebabkab adanya zat yang bernama Mangan dalam bahan pembuat lipstik. Paparan mangan ini selain dapat dapat menyebabkan gangguan saraf pada ibu hamil juga diketahui dapat menyebabkan gangguan perilaku pada anak

Oleh karena itu, Dengan mengetahui bahaya pemerah bibir untuk para wanita yang sedang hamil, maka para wanita yang tengah mengandung disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan lipstik dalam kesehariannya selama masa kehamilan.

Topic:

Just For You